Simbol Kesabaran dan Kepercayaan Diri

JOKO copy

Puntadewa selalu mengedepankan rasa sabar dan cinta kasih dalam memimpin. Tokoh tertua Pandawa ini diharap bisa menjadi suri teladan Jokowi saat memimpin Jakarta lima tahun ke depan. Selain itu, bekas Wali Kota Solo ini, juga dibekali sebilah keris. Apa makna di balik sebilah pusaka yang diberikan pada Jokowi?

PASTINYA ini baru kali pertama terjadi di tanah Jawa. Seorang wali kota yang masih resmi menjabat, mengikuti pemilihan gubernur di daerah lain dan akhirnya keluar sebagai pemenangnya. Ya, itulah yang terjadi pada jati diri Jokowi. Dia masih menjadi Wali Kota Solo, saat memenangi pemilihan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta belum lama berselang.

Lantaran itu, Jokowi harus menyerahkan tampuk pimpinan sebagai Wali Kota Solo pada wakilnya, F.X Hadi Rudyanto. Nah, saat berpamitan dengan jajaran Pemkot Solo, Kamis (4/10) dirinya dibekali oleh Hadi Rudyanto, sebuah wayang kulit bernama Puntadewa dan sebilah keris.

Kala itu dijelaskan Rudi, Puntadewa merupakan anggota keluarga dari Pandawa yang paling tua. Sambungnya, Puntadewa dikenal memiliki rasa cinta kasih tinggi terhadap masyarakat kecil. Karakter lain yang melekat pada jati diri pembarep Pandawa ini sikap welas asih dan tidak suka dengan kekerasan. Sifat seperti itulah yang diharapkan melekat pada diri Jokowi saat memimpin Jakarta.

Selengkapnya, baca Posmo Edisi 698, terbit 10 Oktober 2012